Abstrak:
DPMPT sebagai salah satu ujung tombak penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Garut memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas profesional pelayanannya guna memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan dinamis. Agar perbaikan tersebut dapat berjalan secara efektif, maka terlebih dahulu perlu dilakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Hasil SKM terhadap pelayanan yang diselenggarakan oleh DPMPT Kabupaten Garut, secara keseluruhan menghasilkan nilai rata-rata kinerja sebesar 75,80, nilai tersebut masuk ke dalam kategori mutu “kinerja kurang baik”.

Download